apa-apa perang

iya nih. baca buku, buku perang. nonton pilem, pilem perang. boseeen gak siih??! gak tuh, malah sebaliknya menyenangkan. tapi sebatas masa perang dunia 1 dan 2 aja ya. karena kalau perang modern, udah gak asik lagi. selain peralatan perangnya udah canggih, kebanyakan strateginya bikin g puyeng.
coba deh baca buku perang eropa jilid 1 dan 2 buatannya PK Ojong. baca bukunya seperti sedang menonton pilemnya (kalo ada). kata-katanya mengalir dan cepat dimengerti. gak pake istilah-istilah yang membingungkan. kalaupun ada, artinya cepet dijelaskan. saat baca, bayangan situasi perang dunia langsung melayang-layang di kepala kita. kalau bercerita tentang kehebatan serdadu jerman, langsung kebayang jeniusnya hitler. kalau baca perang udara sekutu vs jerman, langsung kerasa hebatnya pesawat spitfire. juga kalau masuk bab kebringasan jenderal-jenderal SS jerman, rasanya meringis ngebayangin para yahudi dimasukin ke gas chamber ato camp konsentrasi. kasihan sih..tapi seru!
udah nonton pilem Hiroshima? ini juga menegangkan, kisah tentang sebelum amerika menjatuhkan bom atom ke dua kota di jepang itu. ternyata, bahkan para ilmuwan yang membuat bom itu keberatan si jago atom dipakai. sementara di jepang, ada konflik antara petinggi-petinggi dan militernya yang menolak menyerah. belum lagi ternyata awalnya bukan hanya nagasaki dan hiroshima yang mau dibom, tapi ternyata ada kota ketiga. bener deh, menegangkan!

ada yang mau pinjem pilemnya?..

Comments

Popular posts from this blog

Pesan

Biarkan

Cinta