kista ovarium

jadi, namanya kista ovarium karena letaknya di indung telur. lengkapnya kista ovarium fungsional. kenapa disebut kista? karena dia bentuknya kantung (kista) yang berisi zat namanya folikel yang akan tumbuh dan berkembang menjadi sel telur yang tidak keluar waktu menstruasi. nah, entah bagaimana, dia berkumpul dalam kantung tadi.
idealnya, kista ovarium fungsional bisa hilang dalam waktu 60 hari tanpa konsumsi obat. prakteknya dia pecah (namanya proses ovulasi) dan akhirnya mengecil sampai hilang. berarti kalau ovulasi, artinya kistanya pecah dan otomatis hilang. tapi ada juga yang bertahan sampai lebih dari 60 hari, bahkan kistanya bisa bertambah besar. nah disini, perlu tindakan laparoskopi atau pembedahan kecil dengan menyedot cairan kista tanpa harus sampai mengangkat indung telur apalagi rahimnya.
"celeem.."
kalau takut operasi, usaha penyembuhannya bisa lewat terapi obat. misal dengan obat kontrasepsi oral, contoh: depo provera dan norplant yang kerjanya mencegah pertumbuhan si folikel tadi.
nah ada tambahan informasi. waktu browsing ketemu yang namanya buah merah dari papua. ternyata disitu ada kasus seorang ibu yang punya kista. setelah minum 1 botol sari buah merah, kistanya hancur, menjadi cairan campur serat yang keluar dari vaginanya.
"hmm..bisa dicoba"
kasus g: selain biayanya mahal, g sendiri takut dioperasi. makanya sejak kemarin g coba penyembuhan alternatif reiki, yang katanya juga bisa menyembuhkan si kista. entah logikanya bagaimana, mungkin tenaga dalam yang disalurkan ke seluruh tubuh, terutama bagian yang sakit, punya healing power. guru-guru reiki selalu bilang usai pengobatan, "semua tenaga ini datang dari Allah. tanpa Dia, kekuatan reiki tidak pernah ada."
"Insya Allah bisa sembuh deh.."

Comments

Popular posts from this blog

Pesan

Biarkan

Cinta