kecil-kecil cabe rawit

kecil-kecil tapi efeknya besar. apa hayoo?..

ini bukan cerita jorok, juga bukan sulap. ini tentang hemat energi ala jepang, terutama para pengendara mobil di sana. hebat deh, mereka ternyata sudah dari jaman jebot membiasakan menghemat BBM. caranya mantep pula;
mereka gak lagi bawa barang-barang berat di mobil. ternyata makin numpuk bawaan ke mobil, beban mobil tambah berat dan otomatis mesin jadi boros. jadi, bawa barang seperlunya aja.
kalau yang ini lebih cocok buat g;
waktu macet, g suka kesel mobil di depan lambreta brunela. dan waktu barisan sebelah sudah bergerak duluan, g langsung tancep gas sebelum disodok mobil belakang tapi kudu berhenti lagi karena masih macet. eh dodoee!.., ternyata tancep gas disambut nge-rem mendadak, bikin bensin boros! damnit..pantes g selalu ngerasa bensin cepet kandas.
buat mobil2 yang masih sehat, mematikan mesin waktu lampu merah efektif juga loo ngurangin bensin. "ehem..tanpa mengurangi rasa hormat kepada seorang teman yang mobilnya sering ngadat, please..don't try this one. it's very-very dangerous"
kalau yang ini mungkin sudah dilakukan beberapa dari orang kita; ngindarin macet. karena waktu macet, mesin mobil terus menyala sementara mobilnya diam di tempat. bensin lagi-lagi kebuang percuma. orang jepang akhirnya ngantornya lebih pagi dan pulangnya lebih malem.

kecil-kecil cabe rawit ya efeknya?..

Comments

Popular posts from this blog

Pesan

Biarkan

Cinta