skenario yang melelahkan

ternyata panjang ya protes kartun nabi. dan sangat disayangkan protesnya mengarah ke tindakan anarkis. di nigeria, protes sampai jatuh korban meninggal dan di indo sampai ada lempar2an telur busuk. "inikah wajah kaum muslimin dan muslimah sekarang?!" (hihi apa sih..).
bukannya g sotoy, tapi kayaknya gak menyelesaikan persoalan juga pakai kekerasan begitu. apalagi kalau sampe jatuh korban, berarti kan orang muslim juga yang rugi. dan belum lagi kalo tindakan anarkis ini bisa jadi bumerang sendiri buat islam; pembenaran bahwa islam memang identik dengan kekerasan.
seharusnya ini bukan konflik atau "perang" antara islam atau non islam, tapi lebih sebagai perang kaum muslim vs kebebasan pers yang terlalu "bebas". caranya ya menuntut jyllands posten oleh warga muslim di denmark, karena pernah g baca di koran, hanya warga (muslim or siapapun) di denmark sendiri yang bisa mengajukan tuntutan dan membawa koran ybs ke pengadilan.
tapi g mengacungkan jempol koran iran yang menyatakan perang karikatur dengan ngadain perlombaan kartun holocaust. hasilnya? ada juga beberapa pihak eropa yang "marah", karena pasalnya setelah pembunuhan massal yahudi di jerman dulu, gak ada lagi koran eropa yang berani memuat karikatur holocaust atau ybs dengan yahudi.
mungkin islam harus cari cara2 pembalasan yang lebih manusiawi ketimbang anarkis ya. sebagai salah satu muslim, gak enak juga kalo ngeliat protester yang rada bringas.
"peace yo.."

Comments

Popular posts from this blog

Pesan

Biarkan

Cinta