sejarah

siapa yang tidak menyukai sejarah. mungkin salah satu pelajaran menarik sepanjang masa adalah sejarah. g pribadi lebih menyukai sejarah dunia ketimbang sejarah dalam negeri. bukan karena sok luar negeri, terkadang terlalu mengerikan membayangkan sejarah indonesia yang kebanyakan seram dan pada akhirnya malah berisi tentang kebohongan (meski tidak mayoritas dan juga terjadi pada sejarah dunia).
tapi di tengah2 rasa suka terhadap sejarah, ada kalanya g tidak menyukai sejarah yaitu saat kuliah. sebenarnya bukan kesalahan sejarah sebagai mata kuliah, tapi cara sang dosen yang terlalu konservatif sehingga gagal dalam menuangkan sejarah sebagai sebuah cerita yang menarik untuk disimak dan membuat kita terjaga sepanjang mata kuliah. alhasil, g dan sejumlah teman akhirnya "kabur" dari ruang kelas daripada mengantuk berkepanjangan.
tak disangka, kini lagi2 g tidak menyenangi sejarah meski bukan sebagai sebuah mata kuliah maupun pelajaran. bukan juga karena ada dosen lain yang tidak pandai menceritakan alur sejarah sebagaimana mestinya. bukan, bukan sejarah seperti itu. namun seperti sejarah pada umumnya, sebesar apapun kita tidak menyukai atau menikmati jalan ceritanya, sejarah tidak bisa dirubah dan tidak akan tergantikan. dan tidak selamanya kita bisa menghindari sejarah seperti layaknya kabur dari kelas saat kuliah dulu. ada kalanya sejarah harus kita terima dan telan mentah2. betapapun menyakitkan kenyataan sejarah itu.

Comments

Popular posts from this blog

Pesan

Biarkan

Cinta