katyn

film katyn menurutku cukup menarik. selain diambil dari kisah nyata, film ini dimainkan dalam 3 bahasa; polandia (polski), rusia (slavik), dan jerman. meski mayoritas film berbahasa polandia, dua bahasa lainnya masih kental terdengar meski jarang2. lebih banyak berbahasa polandia, karena film berlatar belakang perang dunia kedua ini mengisahkan tentang pembantaian ribuan orang polandia oleh tentara uni soviet di tahun 1940, tak lama setelah tentara palu arit ini masuk ke polandia untuk mengusir tentara nazi jerman.

film ini cukup mewakili sekilas tragedi katyn meski aku cukup dibuat bingung. mungkin karena faktor 3 bahasa (padahal sudah pakai english subtitle. dasar bodoh, hehe..). film diawali dengan adegan ratusan tentara yang dibariskan lalu ditawan di sebuah rumah mirip gudang besar. mereka bukan sembarang tentara, melainkan perwira berpangkat kapten, letnan, dan mayor. cerita berlanjut dengan kisah sejumlah orang yang mencari kerabatnya yang merupakan tentara yang ditawan. masing2 berupaya mencari anggota keluarganya sampai suatu ketika seseorang di antara mereka menerima buku harian suaminya. cerita pun flash back menggambarkan perjalanan suaminya dan para tentara menuju ajal mereka.

film ini memang menggambarkan sepenggal kisah dari tragedi pembantaian katyn. namun sejarah lengkapnya bermula di musim gugur tahun 1939. tentara merah uni soviet menawan 250.000 orang polandia. sebagian besar adalah kaum terpelajar (pengacara, jaksa, hakim, guru, dokter, dan pendeta) serta perwira tentara. mereka diasingkan di dua biara dan barak2 tahanan di kosielk, dekat hutan katyn, 200 km dari moskwa. marsekal lavrenti beria, kepala intel uni soviet NKVD (belakangan menjadi KGB) memerintahkan "likuidasi", istilah pembantaian, terhadap orang2 polandia itu di hutan katyn. lavrenti murka karena orang2 yang dianggap lapis atas penting pemerintahan polandia itu kebal terhadap doktrinasi marxisme-leninisme. hanya 6 dari mereka yang berubah haluan. akibatnya jika orang2 polandia itu hidup, maka akan mengancam komunisme polandia kelak. akhirnya lavrentia memerintahkan anak2 buahnya membantai habis orang2 polandia itu dan mengubur massal mereka di hutan katyn.

namun aksi tentara2 marxis ini tercium oleh pasukan jerman. mereka masuk ke dalam hutan pada tahun 1943 dan menemukan pekuburan yang disembunyikan secara rapi. di antara para jenazah ditemukan uang koin, buku harian, dan kotak rokok. (selebihnya tentang kondisi jenazah tidak bisa diuraikan disini karena terlalu ngeri untuk menulisnya). penguasa uni soviet saat itu sekaligus yang memerintahkan pembantaian, joseph stalin, menuduh pasukan nazi jerman yang membantai orang2 polandia dan membentuk panitia penyelidik untuk mengusut tuntas kasus ini.

kasus tragedi katyn perlahan terbongkar setelah lavrenti dihukum tembak pada tahun 1953. komunis tulen ini dituduh para koleganya telah berkhianat pada ideologi. setelah setengah abad, pemimpian uni soviet, mikhail gorbachev, pada tahun 1990 menyatakan negaranya bersalah atas tragedi katyn sambil menyerahkan setumpuk dokumen catatan pembantaian di katyn dan dua kota lainnya.

(sumber: forum)

Comments

Popular posts from this blog

Pesan

Biarkan

Cinta