Stop killing animals!!

Saya tidak habis pikir bagaimana manusia bisa begitu kejam terhadap mahluk hidup lain. Semoga jawabannya buka karena strata manusia lebih tinggi, sampai-sampai tega menindas mahluk di golongan bawahnya.

Saya geram membaca berita bobroknya manajemen kebun binatang Surabaya. Penyakit korupsi pasti biang keladinya. Mereka egois dan sadis karena hanya memikirkan diri sendiri. Terserah mau berseteru sampai darah habis, selama tidak mengorbankan hewan-hewan hunian disana.

Tapi yang terjadi sebaliknya. Hewan-hewan tak berdosa menjadi korban. Pembunuhan perlahan-lahan dengan modus sakit, kurus, kurang gizi, tidak ada makanan, sedang terjadi, disadari atau tidak. Rusa, ular piton, bekantan, kakaktua mati berturut-turut. Belum lama singa dan kangguru. Berita kekejaman terselubung ini meski sudah tersiar di media-media, tetap saja tidak menyadarkan dan membuka mata hati manajemen bodoh yang malah bertikai terus.

Mereka bukan sekedar koleksi. Mereka bukan sekedar penunggu. Apalagi pemanis kebun binatang. Mereka mahluk layaknya kita. Punya nyawa. Punya naluri untuk hidup dan survive. Manusia paling bodoh pun akan menangis melihat mereka mati satu persatu. Adakah arti mereka bagi manajemen tanpa hati itu? Kalau sudah begini, Jelas tidak.

Bagus menteri kehutanan sudah turun. Memaksa pemerintah setempat cepat turun tangan. Buat perbaikan fasilitas kebun binatang yang katanya sudah kronis. Usut sampai ke jantung biang kerok masalah di dalam. Hukum pembunuh hewan-hewan itu.

Buka kantong-kantong donasi. Dimanapun. Biar masyarakat bisa bantu tanpa terjerat birokrasi yang menyesatkan. Manusia biasa dibantu, tapi sekarang, waktunya untuk membantu para hewan. Stop killing animals!!

Comments

Popular posts from this blog

Pesan

Biarkan

Cinta