Pencapaian

Tak berapa lama lagi tahun akan berganti. Ironis, tutup tahun juga berarti beranjaknya waktu untuk kembali menempuh perjalanannya yang entah berujung dimana. Namun sebelum semuanya betul-betul berakhir, dan di setiap penghujung tahun, setiap orang selalu bertanya satu hal. Pencapaiannya selama ini.

Setahun adalah waktu yang cukup untuk mereflesikan pencapaian itu. Entah itu pencapaian materi atau pertumbuhan diri. Layaknya medali yang berhasil disabet atlit, pencapaian bisa jadi sesuatu yang dianggap berhasil atau diperhitungkan berarti.

Anehnya, selengkap apapun pencapaian itu, sebagian orang masih merasa apa yang diraihnya belum utuh betul. Alih-alih puas, mereka justru merasa kosong seakan-akan pencapaian itu tidak membanggakan. Apakah pencapaian itu terlalu mudah diraih sehingga kehilangan artinya? Apakah baru bisa dinamakan pencapaian jika diraih lewat tantangan yang hebat?

Apapun, waktu terus bergulir dan sesaat lagi menembus tahun 2012. Segala bentuk pencapaian itu pasti ada. Seberapapun takarannya; hebat, baik, cukup atau kurang. Apapun hasilnya, pencapaian itu menjadi refleksi hidup yang telah ditempuh setahun kemarin.

Selamat datang tahun yang baru..

Comments

Popular posts from this blog

Pesan

Biarkan

Cinta